Film Omar (Umar ibn Khattab)

Hari ini aku telah selesai menamatkan serial film Omar yang pada bulan Ramadhan kemarin ditayangkan di salah satu stasiun TV nasional. Sungguh kisah kehidupan yang sangat mengagumkan. Aku jadi ingin menjadi bagian dari mereka, pasti rasanya sangatlah menentramkan hati. Berbeda dengan kondisi umat saat ini. Dalam serial film tersebut dikisahkan perjalanan salah satu shahabat utama Rasulullah SAW yaitu Umar ibn Khattab r.a. Perjalanan hidup Umar ibn Khattab diceritakan mulai dari Umar saat masih pemuda hingga wafatnya beliau. Aku merekomendasikan teman-teman sekalian untuk menonton serial film ini jika ingin memahami Islam secara utuh. Melihat bagaimana awal mulanya agama rahmatan lil ‘alamin ini muncul di tengah-tengah bangsa Arab hingga bisa menyebarluas ke penjuru dunia sampai sekarang. 

Dalam film tersebut juga dikisahkan siroh nabi, tentunya disini Rasulullah SAW tidak digambarkan/ditayangkan wajah dan badan beliau. Disini Rasulullah SAW digambarkan sebagai orang yang mengamati (menjadi sudut pandang kamera ketika ada adegan-adegan percakapan dengan beliau SAW). Bukannya seperti yang orang Barat gambarkan tentang Rasululloh. Memang sudah tabiat orang Barat/kaum kafir  sering mengolok-olok Rasulullah SAW dari jaman baheula sampai kini. Pokoknya film ini penuh dengan nilai-nilai pelajaran yang sangat berharga.

Dimulai saat Umar yang masih pemuda. Beliau adalah sosok pemuda perkasa yang giat dalam bekerja dan kuat dalam pemikiran serta kebijaksanaannya telah tampak dari dini. Saat ia masih muda, beliau ditugaskan oleh ayahnya untuk menggembala onta-onta keluarga Al Khattab di suatu padang penggembalaan. Sehingga Umar muda memiliki kesempatan untuk sering tafakkur alam ketika tengah menggembala onta-onta tersebut. Disana ia terasing dari hiruk pikuk kehidupan masyarakat Mekah saat itu yang masih jahiliyah. Umar muda begitu bijaksana dan pemikirannya begitu penuh dengan nilai-nilai moral yang baik karena terbiasa ditempa dengan kehidupan khas ala penggembala. Ia sering merenungi kehidupan kaum Quraisy saat itu yang mereka merupakan golongan terpandang di antara bangsa Arab lainnya . Namun kaum Quraisy merupakan kaum jahiliyah yang menyekutukan Alloh Swt dengan berhala-berhala mereka dan mereka begitu menjunjung tinggi nasabnya serta menganggap rendah orang di luar nasab mereka.

Dibalik kebijaksanaannya ia juga dikenal sebagai pemuda yang keras wataknya. Umar ibn Khattab merupakan orang yang kuat di antara pemuda lainnya saat itu. Pemuda yang tegas, pemuda yang teguh pendirian, dan ia merupakan gambaran seorang pemuda Quraisy yang perkasa. Ketika turun wahyu Alloh Swt kepada Rasulullah SAW dan Islam mulai disampaikan ke kaum Quraisy saat itu Umar ibn Khattab masih tertutup hati dan pemikirannya terhadap Islam. Ia begitu menjunjung tinggi tradisi kaum Quraisy yang telah turun temurun dianut mayoritas penduduk Mekah saat itu. Dalam tradisi Quraisy, kaum yang paling terhormat di antara bangsa Arab adalah kaum Quraisy karena kaum merekalah yang dipercaya oleh Tuhan untuk menjaga Ka’bah di kota suci Mekah dalam anggapan mereka. Sementara dengan datangnya Islam saat itu menjadi ancaman tehadap eksistensi kaum Quraisy saat itu karena dalam ajaran Islam menekankan bahwa diantara umat manusia tidak ada yang membedakannya status mereka satu sama lain kecuali tingkat ketaqwaannya. Artinya jika Islam menyebar luas maka kaum Quraisy tidak akan lagi terpandang diantara bangsa Arab lainnya. Petinggi Quraisy saat itu yang mayoritas golongan tua yang masih fanatik dengan tradisi nenek moyang sangat menentang ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW yaitu Islam. Berbeda dengan golongan muda yang terbuka pemikirannya, mereka lebih mudah untuk menerima Islam sebagai agama yang haq dan Alloh Swt sebagai Tuhan Yang Esa dan tak untuk dipersekutukan dengan berhala-berhala mereka.

Dikisahkan Umar sangat menentang Islam pada awalnya. Dan kemudian ia akhirnya masuk Islam berkat hidayah Alloh Swt yang menjadikan kaum muslim saat itu sangat bersyukur karena dengan Islamnya Umar akan membawa dampak yang besar terhadap kaum muslim yang saat itu masih tertindas. Penasaran dengan serial film Omar? Pantengin terus deh ke-30 episodenya, dijamin kagak rugi. Pokoknya aku sangat sangat merekomendasikan kalian untuk menonton film inspiratif ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: