Want you to be the best or to be usual?

Be the best you can be

Siang itu aku bersama beberapa teman-temanku yang senasib mengambil semester pendek blok traumatologi pergi ke RSDM untuk menemui salah satu dokter di bagian bedah rumah sakit tersebut. Yang jelas beliau adalah ketua blok traumatologi. Mendengar cerita teman-teman sebelumnya dan juga beberapa info dari kakak tingkat, sosok beliau adalah sosok yang unik. Dengan postur tubuh yang gempal membuat beliau terlihat begitu berkarisma. Beliau dikenal sebagai pribadi yang baik di kalangan staff bagian bedah RSDM, ini berdasarkan pengakuan asisten beliau sendiri.

Saat itu kami pertama kalinya bertemu dengan beliau di semester pendek blok traumatologi ini. Walaupun sebelumnya juga sudah pernah bertemu ketika blok yang sama di semester 6 lalu. Kami berenam mendapatkan bimbingan khusus dari beliau. Beberapa kali kami dibuat menunggu cukup lama. Mulai saat kami janjian waktu bimbingan maupun saat bimbingan kali ini. Ya begitulah kehidupan para dokter spesialis di suatu RS yang dapat dipastikan sangat padat jadwal kegiatan hariannya. Mulailah kami ditanya satu per satu mengapa kami bisa sampai remidi/mengulang blok ini. Padahal tahun lalu tidak ada satu pun mahasiswa angkatan atas kami yang remidi blok ini. Akhirnya satu per satu dari kami mengemukakan alasannya. Dan alasan yang paling buruk diantara yang lain saat itu adalah alasanku.

Aku mengatakan pada beliau bahwa dulu saat menjalani blok ini aku tidaklah serius sehingga belajarnya tidaklah maksimal. Sampai tibalah kami diberikan nasihat oleh beliau seperti judul tulisan ini : Want you to be the best or to be usual? Kami diberikan dua pilihan itu dan tertegun seketika mendengar kalimat ini. Jelas saja ini menjadi semacam cambuk bagiku, bahwa aku sudah selayaknya untuk memberikan upaya maksimal upaya yang terbaik dari potensi yang aku miliki agar mendapat hasil yang terbaik pula, bukannya seperti yang aku lakukan selama ini, memilih untuk menjadi biasa-biasa saja. Sangatlah merugi ketika kita memilih menjadi biasa-biasa saja. Negeri ini membutuhkan sosok-sosok pahlawan berikutnya!

2 Comments to “Want you to be the best or to be usual?”

  1. keep semangat ga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: