Tips Agar Bisa Fokus

Fokus_tujuanSeseorang yang ingin sukses dalam hidup ini, hendaknya ia fokus dalam meraih apa yang dicita-citakannya. Karena tanpa fokus, hal itu mustahil akan tercapai. Fokus disini ialah mengerahkan segala upaya kemampuan untuk meraih tujuan tertentu dengan penuh komitmen dan kesungguhan. Banyak diantara kita yang mengeluh kenapa impian itu sukar untuk diraih. Salah satu jawabannya adalah ketidakmampuan kita untuk fokus. Memang sangat banyak hal yang bisa membuyarkan fokus kita ini. Disinilah pentingnya komitmen dan kesungguhan kita untuk meraih impian tersebut. Langsung saja, berikut ini beberapa tips agar kita dapat fokus saat bekerja untuk mendapatkan hasil yang maksimal:

Pertama, biasakanlah mengalokasikan waktu. Dalam artian, ketika kita sedang mengerjakan sesuatu ada baiknya kita tentukan terlebih dahulu seberapa lama waktu yang kita butuhkan. Ini berguna supaya kita terhindar dari pemborosan waktu dalam mengerjakan satu hal. Selain itu, biasanya kita bakal lebih mudah fokus jika pekerjaan yang kita garap diberi batasan waktunya.

Kedua, persiapkanlah terlebih dahulu semua hal yang kita butuhkan ketika mengerjakan sesuatu. Misalnya saja, ketika kita sedang mengerjakan tugas, sediakanlah segala perlengkapan yang kita butuhkan di sekitar kita. Ini akan membuat konsentrasi kita tetap terjaga tanpa diganggu untuk mencari dan mengambil barang yang kita butuhkan di tengah-tengah keasyikan bekerja.

Selanjutnya, fokuskan perhatian hanya pada kegiatan yang sedang kita lakukan. Urusan-urusan di luar apa yang sedang kita kerjakan sebaiknya dibuang jauh-jauh, dah. Abaikan saja. Ini penting demi menjaga konsentrasi kita supaya tidak terpecah.

Keempat, jaga mata kita! Serius, jaga mata kita. Jagalah mata kita agar tetap menatap ke pekerjaan. Sebaiknya kita tidak usah dan jangan membiarkan kebiasaan melihat ke mana-mana ketika sedang mengerjakan tugas.

Ada interupsi? Abaikan saja. Memang, sih, biasanya ada saja gangguan kecil yang bisa mengganggu konsentrasi kita, entah itu ajakan ngobrol dari rekan ataupun suara-suara bising dari lingkungan luar kita.

Memperkecil target yang dicapai, dapat dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, lambat laun tujuan yang besarpun akan tercapai dan terasa ringan dalam menjalankannya. Sehingga dalam prosesnya akan selalu termotivasi untuk mencapai target-target selanjutnya yang lebih besar dari target sebelumnya.

Hindari meremehkan goal/target kecil. Sekecil apapun goalnya jangan dianggap remeh dan tetap kerjakan agar memberikan hasil yang maksimal. Hindari juga mengerjakan pekerjaan yang tidak berhubungan dengan tujuan utama, karena akan menyebabkan fikiran, tenaga dan waktu terbagi serta terabaikannya tujuan utama.

Hindari segala hal yang dapat mengganggu fokus. Sebaiknya sedini mungkin jauhi segala hal yang menjadi penghambat. Selesaikan pekerjaan terlebih dahulu, setelah itu anda boleh menghadiahi diri sendiri dengan hal yang anda sukai.

Ada pengingat atau yang mengingatkan. Kita akan kehilangan komitmen jika kita lupa dengan tujuan kita. Dengan berbagai kesibukan dan kewajiban yang harus kita lakukan setiap hari, kadang kita terlupakan untuk berusaha mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Jadi, harus ada pengingat bahwa Anda sedang mencapai tujuan tertentu. Ada banyak ide agar ada pengingat setiap hari:

  1. Menempel gambar yang berkaitan dengan tujuan kita di tempat yang setiap hari pasti terlihat. Misalnya Anda cari foto mobil yang Anda inginkan, kemudian tempel di lemari es atau di kamar tidur Anda. Setidaknya, Anda akan teringat terus setiap hari bahwa Anda sedang mencapai tujuan tertentu.
  2. Bekerja sama dengan orang lain, bisa keluarga, untuk saling mengingatkan dalam upaya mencapai tujuan.

Menghujamkan tujuan Anda ke pikiran bawah sadar Anda. Jika tujuan sudah terhujam dalam pikiran bawah sadar Anda, maka secara otomatis Anda akan teringat kepada tujuan Anda atau tindakan Anda akan diarahkan secara otomatis menuju tujuan Anda. Caranya:

  1. Mereview atau membaca tujuan Anda secara berulang-ulang. Dengan suara lantang lebih bagus.
  2. Tulis tujuan Anda, dengan tulisan tangan, berulang-ulang. Sampai ratusan kali.
  3. Melakukan visualisasi tujuan Anda.

Miliki mental juara. Mental juara akan mendorong Anda untuk mencapai tujuan Anda secepat mungkin. Seseorang yang memiliki mental juara tidak akan pernah menunda-nunda. Tidak akan mudah terganggu pikirannya oleh hal lain. Dengan memiliki mental juara, Anda akan lebih mudah untuk menjaga fokus.

Referensi:

http://fokus.teknologiotak.biz/pengembangan-diri/menjaga-fokus-dan-konsentrasi/

http://www.dakwatuna.com/2012/07/06/21494/cara-menjaga-fokus/#axzz2QxgA529G

http://hipnotherapi.wordpress.com/2011/09/23/kekuatan-fokus-the-power-of-focus/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: